Tuesday, January 13, 2009

0
Posted in
MODEL-MODEL KONEKSI KE INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

sumber:buku teknologi infomasidan kounikasi kelas ix tentang: tata cara penyanbungan ke internet gambar: google search

internet service provider(ISP)merupakan perusahaan penyedia layanan akses internet bagi pengguna, baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran. ISP di Indonesia cukup banyak,misalnya INDOSATNET, INDONET, WASANTARA, dan TELKOMNET. tanpa terhubung dengan ISP kalian tidak dapat memperoleh layanan akses ke internet.
ISP tersebut akan memberikan layanan untuk menghubungkan kalian ke internet melalui perangkat keras berupa modem, firewall, dan router. modem yang dimiliki oleh ISP digunalkan untuk memangkap sinyal yang dikirim oleh koputer melalui modem yang kalian miliki. sementara itu, firewall akan menyaringsiapa sajayang akan berhak mengakses ke internet dan melindungi komputer kalian dari serangan virus komputer yang berada di lingkungan internet.sedangkan router berfungsi untukmembuatrute yang dapat digunakan untuk lalulintas data dan informasi dari dan ke internet. tanpa peralatan routeritu, maka kalian akan sulit untuk memasuki lingkungan internet, karena jumlah pengaksessan sangat banyak, sehingga lalulintas data daninformasi sangat padat. router meniliki kemampuan untuk mencari jalan yang dapat dilewati oleh data informasi dengan cepat.

sementara itu,bila kelak kalian ingin memebuat halaman web untuk menampilkan profil diri kalian,maka kalian dapat menghubungi internet content provider(ICP). beberapa ICP yang ada di Indonesia antara lain Indoesia interactive (12), GudegNet, dan dapur Web.


di bawah ini ada beberapa macam bentuk koneksi ISP:

1. ISP sebagai perusahaan telemunikasi. PT telkom merupakan perusahaan telemunikasi terbesar di Indonesia yang bertindak sebagai ISP. adapun bentuk koneksi yang ditawarkan adalah secara dial up atau leased line.
2. ISP sebagai perusahaan penyedia jasa koneksi ke internet semata. pada umumnya,perusahaan ini akan menawarkan koneksi nirkabel dengan membangun menara pemancar untuk menangkap frekwensi gelombang radio yang akan menjadi sarana lalu lintas data informasi.
3. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel. pada umumnya, perusahaan ini memeberikan layanan sesuai dengan jenis teknologi ponsel yangdi kembangkan, misalnya GPRS.

0 komentar:

Silahkan commment anda!!!